Perbedaan Cotton Combed 20s 24s 30s dan 40s

Perbedaan Cotton Combed 20s 24s 30s dan 40s

Setelah sebelumnya membahas mengenai Pengertian Cotton Combed. Pada pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai Perbedaan Cotton Combed 20s, 24s, 30s dan 40s.

Seperti Kita ketahui bahwa jenis bahan Cotton Combed memiliki beberapa jenis yaitu 20s, 24s, 30s dan 40s.

Lalu apakah perbedaan dari ke 4 Jenis Cotton Combed tersebut ?

Secara umum semakin kecil angka maka akan semakin tebal Cotton Combed tersebut begitupun sebaliknya semakin besar angka maka akan semakin tipis ketebalannya. Walaupun begitu tidak ada standar yang pasti mengenai hal ketebalan dari produsen A dengan Produsen B. Misalkan jenis Cotton Combed 20s Produsen A tidak akan sama ketebalannya dengan Cotton Combed 20s milik Produsen B. Walaupun perbedaan ketebalannya tidak terlalu jauh.

Gambar di bawah ini mengilustrasikan ketebalan Cotton Combed :

Ilustrasi Ketebalan Kain Cotton Combed


Angka 20, 24, 30, dan 40 menunjukkan tipe benang yang digunakan pada proses perajutan menjadi bahan kain.

Benang 20 biasanya digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 180 – 220 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

Benang 24 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 170 – 210 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

Benang 30 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 140 – 160 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 210 – 230 gr/m2.

Benang 40 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 110 – 120 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 180 – 200 gr/m2.

Huruf ‘s’ di belakang angka menunjukkan jenis rajutan untuk bahan kaos. ‘s’ adalah singkatan dari single knit atau rajutan jarum tunggal. Jenis rajutan ini rapat, padat, kurang lentur. Sebagian besar bahan kaos katun yang beredar di pasaran menggunakan tipe rajutan jarum tunggal ini.

Selain single knit, juga ada double knit atau rajutan jarum ganda, bahan dapat digunakan bolak-balik, kedua sisinya sama saja. Bahan kaos double knitditandai dengan huruf ‘d’ di belakang angka. Jenis rajutannya tidak rapat, kenyal, dan lentur, sehingga cocok digunakan untuk pakaian bayi dan anak-anak. Kaos yang biasanya digunakan untuk bahan sablon kaos distro, umumnya menggunakan bahan kain katun combed20s dan 30s.

Sumber : kaoskwsuper.wordpress.com
Load disqus comments

0 comments